Minggu, 27 November 2011

LBT#11 : TRES LECHES CAKE ( Pastel de Tres Leches )

Ini setoran PR LBT bulan Desember besok, dan disetor/diupload tanggal 11 Desember besok diFB, tapi udah keduluan diblog. Tak apalah...
Susahnya ngefoto waktu suhu dijogja panas, toppingnya cepet banget meleleh. Apalagi setelah ngocok krim kentalnya, langsung maen oles aja, lupa kalo harus dimasukin ke kulkas dulu, alhasil waktu difoto-foto cepet banget meleleh. So sad deh.. Yang penting ada dokumentasinya deh.. lawong masih asal jeprat-jepret doang.. klik..klik..klik..


Tres Leches Cake atau Pastel de Tres Leches atau Tree Milk Cake ,
atau dalam bahasa disebut 3 Macam / jenis Susu, ( Leches berarti SUSU dalam bahasa spanyol ) .Adalah termasuk jenis Sponge Cake yang berasal dari Amerika Latin. Dimana tiga macam susu tersebut digunakan sebagai bahan cairan perendam sponge cake. Ketiga macam susu ini adalah Susu kental manis ( Sweeted Condensed Milk ), Susu kental tawar ( Evaporated Milk ) dan krim kental ( Whipping cream ) :

* Condensed Milk / Susu Kental Manis
Sesuai dengan namanya, susu ini kental dan manis sekali. Susu ini digunakan untuk membuat kue atau campuran pudding atau sebagai salah satu bahan filling martabak, siraman minuman segar dan sebagainya. Contoh : Carnation, Frisian Flag dsb.

* Evaporated Milk / Susu kental tawar
Jenis susu yang telah diuapkan sebagian airnya, hingga kental.. Sering dipakai sebagai pengganti krim dalam kopi atau pun di gunakan salah satu bahan umtuk soup ( sup ). Contoh : Nestle, Carnation, F&N dsb.

*Whipping cream / Krim cair
Whipping Cream ada yang cair kental dan bubuk. Untuk bahan di dalam Tres Leches ini dapat menggunakan kedua jenis tersebut. Jenis krim kental yaitu Dairy dan Non-dairy. WP Dairy pada umumnya berbentuk cair, rasanya tidak manis dan lebih gurih. WP Non-dairy berbentuk bubuk dan ada juga yang cair, rasanya manis dibadingkan WP Dairy ( Whipped cream bubuk harus dicampur air dingin terlebih dahulu sebelum dikocok, dimana takarannya terdapat pada kemasan masing masing produk ).



Tres Leches Cake ( Pastel de Tres Leches )
Source by The Pioneer Woman
Modified by Vivi Nowotny

Bahan :
140 gram tepung terigu
1 ½ sendok teh baking powder
¼ sendok teh garam
5 butir telur, dipisahkan
180 gram gula pasir, ( dibagi menjadi 140 gram dan 40 gram )
1 sendok teh vanili
80 ml Susu cair
1 kaleng (12 ons) susu evaporated
1 kaleng (14 ons) susu kental manis
60 ml krim kental

Untuk Frosting :
250 ml krim kental
3 sendok makan gula pasir

Cara Membuat:
1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius. Olesi tipis dengan butter pada loyang 9x13 inchi. Sisihkan. (aku pake loyang 24 x 24 x 5cm)

2. Ayak tepung, baking powder dan garam; sisihkan.

3. Dalam mangkuk besar. Dengan menggunakan mixer, kocok kuning telur dan 140 gram gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga campuran kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata - kocok sebentar saja.

4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.


5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang kemudian masukkan 40 gram gula pasir. Kocok kembali hingga SOFT PEAK ( yaitu dikocok hingga kaku tetapi tidak kering -

6. Kemudian masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembli campuran Putih telur tadi ke dalam adonan tepung ( tehnik ini disebut tehnik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna ).

7. Tuangkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 35 sampai 45 menit( gunakan test tusuk ). Kemdian angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1 jam.

8. Sementara itu buat untuk siraman : campurkan susu kental, susu evaporated dan krim kental dalam wadah. Sisihkan

9. Setelah cake dingin. Tusuk - tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, secukupnya dibeberapa bagian cake. Lalu secara perlahan siramkan campuran 3 Susu tadi diatasnya ( cairan yang di siramkan secukupnya ya ).

10. Masukkan Cake ke dalam lemari es dan biarkan susu menyerap selama 1 jam atau semalam agar lebih enak dan lembut.

11. Frosting : campur semua bahan hingga mengembang dan lembut.

12. Penyajian. Potong potong dan beri frosting sebagai topping dan hiasi dengan buah cherry jika suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar