Sabtu, 05 November 2011

Roti

Postingan kali ini masih bertema roti. Tapi sepertinya berhenti dulu experimen resep roti. Yang dipraktekan hari ini resep roti dari blognya mba vania. Kalo mau langsung ke TKP,klik sini ya.
Tanpa ada perubahan apapun, hanya praktek 1/2 resep. Maklum pasta makerku hanya mampu nguleni adonan 500 gr. Hanya untuk rumah tangga, bukan seperti mixer model KA (heavy duty).

Untuk isiannya aku pake dari resep sajiansedap "Croatian Nut Roll"
bahan isi (campur rata):
200 gram kacang mede , sangrai, haluskan
75 gram gula pasir
25 gram mentega tawar , lelehkan
25 ml susu cair
1 putih telur
8 tetes esen almon

Resep roti ini menghasilkan tekstur roti cenderung padat, beda dengan resep soft breadnya Bu Fatmah. Dan orang rumah lebih suka dengan tekstur roti yang empuk alias "Roti Empuk"
Yahh.. apa boleh buat, rotinya sudah jadi.

Bahan :
600 gr tepung terigu protein tinggi
400 gr tepung terigu serbaguna
250 gr gula pasir
40 gr susu bubuk
35 gr ragi instan
15 gr garam
150 gr telur
370 ml air
140 gr margarin

1. Campur tepung, gula, susu, ragi dan garam, aduk semua bahan sampai tercampur rata. Tambahkan telur, air dan margarin, uleni hingga kalis.
2. Biarkan adonan selama 30 menit sampai mengembang. Kempiskan adonan, bentuk memanjang agar mudah dipotong-potong.
3. Potong-potong adonan dan timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan lagi selama 10 menit. Buang gas dengan cara mengempiskan adonan, lalu isi sesuai selera dan buat dalam berbagai bentuk. Lakukan sampai adonan habis.
4. Letakkan satu persatu adonan ke dalam loyang bundar bergaris tengah 20 cm yang telah diolesi margarin hingga loyang penuh. Biarkan sampai mengembang selama 60-90 menit. Olesi permukaan adonan dengan kuning telur.

Source: "Roti" by Manfred Lange & Bogasari Baking Center, dari posting mailist NCC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar