Jumat, 20 Juli 2012

SAGU KEJU

Cookies satu ini bener-bener perlu perhatian extra. Setelah beberapa kali percobaan aku berhasil membuat sagu keju dengan bentuk yang tidak mbleber (motif hasil spuitan masih terbentuk), gak tanggung-tanggung sampe 5x ujicoba hehe.. Beginilah nasib pemula yang belajar sendiri, tanpa ikut kursus kue kering. Berani keluar modal aja untuk beli bahan-bahannya.
Dan selalu googling tentang sagu keju dimilis NCC. Akhirnya untuk percobaan ke-5'ku, step-step cara pembuatannya aku perhatikan betul, dan aku ikutin persis sesuai resep. Hanya saja, tepung sagu yang kugunakan aku tambah 50 gr. Total tepung sagu 350 gr, ini berat tepung sebelum disangrai.
Hasilnya??? Bisa dilihat difoto :)
Soal texture? Lumer dimulut dan ada sensasi kres-kres dari parutan keju cheddar.

Sagu Keju


Bahan-Bahan :
350 gr tepung sagu tani
2 lembar daun pandan
150 gr gula halus ( gula pasir yang diblender halus)
100 gr margarin
50 gr butter
1 kuning telur
50 ml santan kental instan
100 gr keju edam ( pake keju cheddar, parut halus)

Cara Membuat:
1. Sangrai tepung sagu & 2 lembar daun pandan dengan api kecil, matikan api setelah tekstur tepung menjadi ringan, sekitar 5-10menit. Dinginkan.
2. Kocok butter dan margarin medium speed 5 menit sampai lembut dan mengembang, masukkan gula, kocok rata. Masukkan kuning telur, kocok sebentar saja, asal rata.
3. Masukkan tepung sagu sambil diayak dan keju parut secara bertahap.
4. Masukkan santan, aduk rata.
5. Masukkan adonan sagu kedalam piping bag, semprotkan diloyang, 
panggang dengan suhu 140'C selama 40 menit.
Angkat, dinginkan.

3 komentar:

  1. malam mbak..numpang tny y.. knp tepungny hrs disangrai dahulu?? kalo tepungny ditmbh ap hsl kukisny bakal jadi lbh keras lg y?? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @nisa : tepung sagu disangrai biar kering, hasil jadinya tetap lembut, lumer dimulut. Dicoba dl saja nisa..

      Hapus
  2. Salam kenal mba, saya ida. Saya ingin coba bikin sagu keju ini utk lebaran nnti, saya tny ya dgn menambahkan jumlah tepung 50 gr apa ga mmbuat spuitnya keras atau susah ya mba? Secara klu saya gugling sprti nya sagu ini aga tricky ya mba? Maoahon pncerahannya ya mba makasih sebelumnya.

    BalasHapus