Minggu, 07 Juni 2015

#4 Caterpillar Bread Water Roux Method

Hola...ketemu lagi direrotian. Masih dengan adonan tangzhong atau water roux. 
Resepnya ngintip diblognya mba Hesti
Saran saya kalau mau bake roti, luangkan waktu banyak. Jangan seperti saya ini ya.. Start sekitar jam 1 siang, proses nguleni sekitar 1/2 jam. Proses proofing pertama sekitar 60 menit, kurang lebih ya. Diuleni sebentar, timbang dan bulat, didiamkan 10-15 menit. Isi dan bentuk, kemudian proofing terakhir sebelum masuk oven. Manasin oven sekitar 15 menit. Jam sudah menunjukkan pukul 17.00
Anak dan ibu belum mandi. Sementara jam 18 sudah ditunggu pakde untuk berangkat resepsi nikah tetangga. 

Oiya... 1 resep ini hasilnya banyak. 16 biji bulatan @50 gram. Aku susun diloyang, bikin roti sobek. 3 buah caterpillar bread @70 gram. 3 buah roti kismis @50 gram. 


Caterrpilar bread dan roti kismis yang aneh bentuknya hehe.. sukses, mengembang dengan baik, tidak over proofing, nggak keriput. Sementara roti sobek, gagal dengan sukses. Kenapa?
Adonan aku timbang 50 gram, sementara loyang kotak yang aku pakai ukuran 22. Sukses dempet-dempetan. Jadinya ngga bisa ngembang semua. Loyang yang aku pakai kurang besar ukurannya.
Sewaktu dioven, berhubung keburu-buru, nggak pasang timer. Nggak lihat jam dinding masukin ke oven jam berapa. Klop deh... Jadinya pake acara kebatinan, model kira-kira.
Bagian sisi cepet sekali mengembang dan kulit bagian atas sudah kecoklatan. Aku pindah ke rak atas, rak bawah aku isi caterpillar dan si kismis. Aku tunggu sekitar 5 menit. Permukaan roti sobek sudah kecoklatan semua. Cuman bagian tengah agak aneh dilihat dari wujudnya. Bagian pinggir mengembang, bagian tengah malu-malu kucing untuk mengembang.
Dikeluarkan dari oven, dikeluarkan dari loyang. Yahhhh... belum matang sempurna....
Aku coba masukin lagi ke oven, tetep nggak mateng. Yah sudahlah... diterima saja hasil baking kali ini. 1/2 berhasil. 1/2 gagal.

Resep Water Roux
50 gr terigu protein tinggi
250 ml air

Cara : Campur jadi satu, aduk rata sampai terigu larut semua. Masak dengan api kecil. Diaduk terus sampai terlihat jejak adonan. Matikan api, dinginkan. Siap digunakan.

Bahan Roti
400 gr terigu protein tinggi
200 gr terigu protein sedang
100 gr gula pasir
10 gr ragi instan
1 sdt garam
100 gr mentega/margarin
75-100 ml susu cair, air es
1 telur utuh
1 kuning telur

Cara :
Campur rata terigu, gula pasir, ragi.
Masukkan semua adonan water roux, telur, uleni.
Masukkan 50 ml air, tuang sedikit-sedikit. uleni rata.
Masukkan garam dan mentega. Uleni sambil ditambah air sedikit-sedikit. Total air yang aku gunakan sekitar 75 ml. Uleni sampai kalis elastis
Proses selanjutnya bulatkan, proofing pertama. Adonan akan mengembang 2x lipat dari besar adonan awal.
Timbang dan bulatkan. Diamkan 10-15 menit.
Isi dan bentuk, Diamkan 30-45 menit.
Panaskan oven, suhu 190-200. Masukkan adonan roti, panggang sekitar 10 menit atau sampai permukaan roti kecoklatan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar