Selasa, 25 Maret 2014

Lapis Surabaya Ekonomis


 Beberapa hari yang lalu mampir ke penjual majalah & tabloit. Lihat-lihat sebentar, dapat tabloit saji dan tabloit Lezat. Sayangnya bukan tabloit Lezat edisi Wirausaha.

Kepincut beli tabloit saji edisi 292, karena ada foto lapis surabaya dicover depan hehe... Baca judul resepnya ternyata "Lapis Surabaya EKONOMIS". Wah cocok nih...
Sebenarnya sudah mengoleksi beberapa resep lapis surabaya ekonomis. Kalau nggak salah inget, dulu bikinnya untuk isian snack box. Sayangnya tidak terfoto :)

Hari ini dirumah kebagian jadwal doa rutin. Sudah diingatkan ibu dari 1 minggu sebelumnya untuk bikin snack 1 macam. Saatnya untuk ujicoba resep. Pilihannya jatuh ke resep "Lapis Surabaya Ekonomis" tabloit Saji edisi 292.
Untuk 3 lapis cake, cuman butuh 9 butir telur. Irit ya...

Teksturnya padat, mirip lapsur yang full telur. Moist, sewaktu dipotong tidak ada remahannya. Bener-bener moist. Diresep ini, memakai margarin kocok. Intinya enak. Secara visual hasil akhirnya memuaskan. Jujur... bikin lapsur ekonomis agak ribet.. tapi puas! Yang ngga mau ribet, boleh pesan ke saya ya... Hahaha.. tetep iklan...


LAPIS SURABAYA EKONOMIS

BAHAN CAKE I :
6 butir telur
120 gr gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdt emulsifier
2 sdm air
150 gr tepung terigu protein sedang
30 gr maizena
20 gr susu bubuk
250 gr margarin
pewarna kuning tua secukupnya
2 sdm SKM

Bahan Cake II :
3 butir telur
70 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdt emulsifier
1 sdm air
70 gr tepung terigu protein sedang
20 gr cokelat bubuk
10 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
125 gr margarin
1 sdm SKM
1 sdt pasta cokelat
selai strawberry untuk olesan ( aku pakai buttercream)

CARA MEMBUAT :

  1. Kocok margarin sampai lembut, tandanya kalo diicip, rasanya langsung lumer. Tambahkan SKM (susu kental manis) dan pewarna kuning. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, garam, dan air sampai mengembang. Masukkan campuran tepung terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Tuang ke dalam kocok margarin sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Tuang ke dalam 2 buah loyang 22 x 22 x 3 cm yang dipoles margarin dan dialas kertas roti.
  5. Oven dengan api bawah suhu 190'C 20 menit sampai matang
  6. Bahan Cake II : buat dengan cara yang sama.
  7. Penyelesaian : ambil selembar cake kuning, oles dengan selai strawberry. Tutup dengan cake cokelat. Oles lagi dengan selai strawberry. Tutup dengan cake kuning. Padatkan. Potong-potong sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar