Selasa, 01 Mei 2012

Puding Casablanca ( Agar Bakar)

Blog walking ke hesti's kitchen, lalu klik label "puding". Scroll ke bawah.. lalu tertarik dengan beberapa resep puding yang ditulis mba hesti diblognya. Sangat tertarik waktu baca resep Agar Bakar ini. Lain daripada yang lain. Apalagi sewaktu liat fotonya.. wuih..cakepnya bisa kebentuk dua layer.
Gak nunggu lama, langsung praktek.
Bujubune...adonannya banyak banget.. ribet juga coi.. nggak kayak kalo bikin puding biasa.
Pake acara ngocok telur, kalo mau bikin sponge cake. Padahal lagi gak mau repot-repot nyuci baskom dan kawan-kawannya. Ya sudahlah.. lanjut saja..
Cara pembuatannya diikuti sesuai yang tertulis resep, pokoknya plek ketiplek resep deh.
Nah keerroran terjadi sewaktu nuang adonan coklat. Wah..lha kok langsung masuk ke adonan putih. Ya sudahlah dibikin marmer puding berantakan saja. hehhe.. Parah banget nih yg bikin he..
Yah beginilah bentuk dalam yang namanya Puding Casablanca. Enak banget. Anakku yg baru umur 18 bulan aja habis satu slice. Pokoknya wuenakk...

Puding Casablanca

 "PUDING CASABLANCA (AGAR BAKAR)
Sumber : http://hesti-myworkofart.blogspot.com/

Bahan :
- 6 butir telur
- 3 bungkus agar-agar bening
- 100 gr margarine
- 1/2 gelas terigu ( 80 gr)
- 1/2 kaleng susu kental manis ( kurleb 150 gr)
- 420 gr gula pasir
- 6 gelas air (1800 ml)
- 40 gr coklat bubuk
- 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
1. Kocok 220 gr gula, telur dan vanili sampai mengembang. Masukkan susu kental manis sambil dimixer kecepatan rendah. Berikutnya masukkan tepung. Kocok rata. Lalu margarin cair, aduk rata. Sisihkan.
2. Masak agar, air dan 200 gr gula sambil terus diaduk sampai mendidih . Tuang kedalam adonan telur sambil diaduk cepat sampai rata (aduk pake whisk). Bagi 2 adonan. Satu bagian ditambahkan coklat bubuk (yang sudah diencerkan dengan sedikit air panas).
3.  Siapkan pinggan tahan panas persegi panjang besar. Olesi dengan margarin yang agak tebal.Tuang adonan putih/coklat dulu. Biarkan permukaannya sedikit membeku. Jangan lupa untuk mengaduk terus adonan yang lain agar tidak membeku sebelum dituang ke atas adonan pertama. Penting untuk diingat, tuang adonan kedua di atas adonan pertama secara perlahan sedikit demi sedikit, untuk menghindari tercampurnya adonan yang belum mengeras.
4.  Panggang dengan panas 175 C sampai muncul gelembung di pinggiran cake yang menandakan pudingnya mulai mendidih. Jangan khawatir kalau pada bagian pinggirnya, adonan yang pertama naik ke atas.
5.  Angkat puding. Hilangkan uap panasnya. Simpan di lemari pendingin. Potong-potong, sajikan.

Note: aku pake loyang 22 x 22 x 7cm, lama pengovenan dengan suhu 175'C kurleb 45 menit muncul gelembung dipinggiran cake. Lebih aman pake loyang 24x24x7cm kalo mau bikin 1 full resep.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar